Sabtu, 03 Mei 2008

Anti Kristus

Terminologi "Antikristus"
Kata "antikristus" berasal dari kata yunani antikristos. Anti berarti mengganti, melawan atau mengambil tempat orang lain. Kristos berarti Kristus. Jadi antikristus berarti melawan, mengganti , atau mengambil tempat Kristus. Bisa juga antikristus berarti Kristus palsu atau Kristus gadungan. Kata "antikristus" hanya ditemukan empat kali, semuanya dalam tulisan Rasul Yohanes (1Yoh 2:18,22;4:3; 2Yoh 7). Dalam empat kali pemakaian tersebut dibedakan antara antikristos (tunggal) dan antikristoi (jamak), atau antara antikristus dan antikristus- antikristus. Perbedaan ini jelas terlihat dalam 1Yoh 2:18, "Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir". Jadi sudah ada antikristus pada waktu jaman Yohanes, banyak lagi! Nah siapakah antikristus itu? 1Yoh 2:22 menjelaskan tentang siapakah antikristus itu, "Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak". Dengan pemahaman ini berarti setiap orang yang menolak bahwa Yesus adalah Kristus, bahwa Yesus adalah Allah yang telah menjelma manusia adalah antikristus-antikristus. Tetapi Yohanes juga juga berbicara tentang antikristus yang akan datang, seorang pribadi yang disebut sebagai "manusia durhaka", "si pendurhaka" (2Tes 2:3-8) dan "binatang buas" (Wahyu 13:1-10). Antikristus ini adalah seorang figur pemimpin yang akan muncul di akhir jaman.
Dua Binatang dalam Wahyu 13
Wahyu 13 menyebutkan tentang dua binatang yang keluar dari laut dan bumi. Binatang I (1-10) menunjuk pada antikristus yang akan muncul sebagai pemimpin dari gabungan bangsa-bangsa di akhir jaman untuk melawan Allah. Sementara Binatang II (11-18) menunjuk pada "asisten" dari antikristus. Binatang kedua inilah yang akan mengadakan tanda-tanda mujizat untuk melancarkan penyembahan bagi binatang I (antikristus). Ia akan memberikan perintah membuat patung dari binatang I serta memberikan "hidup" bagi patung tersebut dan menuntut penyembahan dari semua penduduk dunia pada waktu itu.
Wahyu 13:18 menjelaskan identitas binatang buas itu, Barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya adalah ialah enam ratus enam puluh enam. Manusia yang bilangannya 666 ini akan menguasai 3 sistem dunia
• Pemerintahan dunia " … dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa" (Wahyu 13:7, Dan 7:23)
• Ekonomi dunia " Dan ia menyebabkan sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau besar, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya, dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selaian dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya (Wahyu 13:16-17).
• Agama dunia "… seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu. Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu" (Wahyu 13:3-4,8). Dengan kekuasaan seperti ini, maka mereka yang menolak untuk menyembah antikritus itu, tidaklah akan dapat hidup. Dalam kondisi seperti ini akan muncul banyak martir. Lalu siapakah 666 itu? Sepanjang sejarah, telah mucul orang-orang yang "disebut" sebagai antikristus. Mulai dari Kaisar Nero, Martin Luther, Paus, Adolf Hitler, Henry Kissinger, Stalin, Roosevelt, Mussolini, Karl Von Habsburg, Saddam Hussein, Mikhail Gorbachev, dan Paus. Tetapi ternyata toh hal ini tidaklah terbukti. Demikian juga dengan perkiraan-perkiraan yang baru seperti Bill Gates ataupun Maitreya, sepertinya toh akan berlalu begitu juga. Siapapun juga nantinya antikritus itu, sebenarnya tidaklah perlu dikuatirkan. Karena pada akhirnya antikristus itu akan dikalahkan oleh Kristus sendiri dalam peperangan besar di armageddon, di akhir masa 7 tahun kesengsaraan besar itu.
Ancaman bagi kaum Kristen
Banyak ancaman pada kaum kristen, seperti munculnya persatuan antikristus dan gereja setan. menurut buku Paradise Lost, Yang menyebabkan keretakan kaum kristiani seperti AntiKristus dan GS(gereja setan) adalah Lucifer sang bapa dari segala dosa. Dan hingga sekarang umat kristen banyak yang mengalami perpecahan dan memilih memerangi agama kristen, sehingga terjadi ketidak harmonisan dimana-mana dan bahkan terjadi peperangan. Dan menyebabkan orang-orang tidak mempercayai Tuhan, hingga disebut sebagai atheis, dan membanyak keseluruh dunia.

0 komentar: